UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VI MI PUI KUNINGAN MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA MENGGUNAKAN MEDIA DENAH TIGA DIMENSI



diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mandiri


proposal ptk pdf

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Pendidikan mempunyai peranan penting dalam pembentukan karakter dan pengetauhan individu. Hal ini sangat sangat berpengaruh dalam pembangunan negara atau masyarakat yang menjadi tempat bersosialisai serta menerapkan apa yang didapat dalam pendidikan itu sendiri. Pembelajaran yang baik ialah pembelajaran yang membuat sebuah proses belajar yang menyenangkan dan mampu menjadikan peserta didik menjadi manusia yang beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berilmu, kreatif serta bertanggung jawab. Sesuai dengan UUD 1945 tentang pendidikan No. 20, Tahun 2003 Pasal 3 menyebutkanm(Afifuddin dan Zain, 2010: 15) :

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Salah satu perwujudan dari UUD tersebut ialah dengan adanya pelajaran Matematika. Hal ini seperti yang dinyatakan dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (2004: 19) bahwa:

Matematika berfungsi untuk mengembangkan kemampuan bernalar melalui kegiatan penyelidikan, eksplorasi dan eksperimen, sebagai alat pemecahan masalah melalui pola pikir dan model matematika serta alat kegiatan komunikasi melalui simbol, tabel, grafik, diagram, dalam menjelaskan gagasan.
Berdasarkan hasil wawancara tanggal 3 maret 2017 pukul 08.30 WIB dengan Ibu Diah Nur Afriyanti, S.Pd.I guru kelas VI MI PUI Kuningan, mengemukakan bahwa dalam materi skala dan perbandingan, siswa yang sudah mampu mencapai KKM baru 60%. Dan setelah melihat hasil ulangan siswa (sebelum remidial) dari 26 siswa, hanya 16 orang yang sudah mencapai KKM. Salah satu penyebab kurangnya pemahaman siswa dalam materi tersebut seperti yang dikemukakan oleh ibu Diah yaitu tidak digunakannya media saat proses pembelajaran berlangsung serta sulitnya pemahaman siswa ketika soal yang diberikan berbentuk soal cerita dimana siswa harus membolak-balikan rumus yang sudah ada.

Tugas pendidik atau guru adalah menciptakan suasana belajar yang kondusif, memotivasi peserta didik agar antusias mengikuti proses pembelajaran, serta memfasilitasi peserta didik dalam proses pembelajaran, oleh karena itu supaya hasil belajar siswa mengenai perbandingan dan skala pada pembelajaran matematika meningkat, dibutuhkan  media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran.

Media dalam pembelajaran sangat dibutuhkan untuk memudahkan penyampaian pesan dari materi yang diajarkan, dengan adanya media yang digunakan saat proses pembelajaran, peserta didik akan lebih termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran serta mampu menyerap isi dari materi yang diajarkan.

1. Penyampaian pembelajaran menjadi lebih baku. Setiap pelajaran yang melihat dan mendengar penyajian melalui media menerima pesan yang sama,
2. Pembelajaran bisa lebih menarik. Media dapat diasosiasikan sebagai penarik perhatian dan siswa tetap terjaga dan memperhatikan,
3. Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan diterapkannya teori belajar dan prinsip-prinsip psikologis yang diterima dalam hal partisifasi siswa, umpan balik, dan penguatan,
4. Lama waktu pembelajaran yang diperlukan dapat dipersingkat. karena kebanyakan media hanya memerlukan waktu singkat untuk mengantarkan pesan-pesan dan isi pelajaran dalam jumlah yang cukup banyak dan memungkinkannya dapat diserap sisiwa,
5. Kualitas hasil belajar dapat ditingkatkan bilamana integrasi kata dan gambar sebagai media pembelajaran dapat mengkomunikasikan elemen-elemen pengetahuan dengan cara yang terorganisasikan dengan baik,
6. Pembelajaran dapat diberikan kapan dan dimana diinginkan atau diperlukan terutama media dirancang untuk penggunaan secara individu,
7. Sikap positif siswa terhadap apa yang mereka pelajari dan terhadap proses belajar dapat ditingkatkan, dan
Dengan demikian, penggunaan media khususnya media denah tiga dimensiperlu digunakan untuk meningkatkan kualiatas pembelajaran.

Berdasarkan penjelasan di atas, peneliti tertarik melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VI MI PUI Kuningan Materi Skala dan Perbandingan Menggunakan Media Denah Tiga Dimensi”.

Proposal lengkapnya klik download


0 comments