RPP Kurtilas kelas 4 Tema Cita-citaku


A. Cover
B. Format Pengembangan RPP
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas/ Semester : IV/ 2
Tema : 6/ Cita-Citaku
Subtema         :1/ Aku dan Cita-citaku
Pembelajaran ke : 2
Fokus Pembelajaran :
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang   dianutnya. 
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati   (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya  berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan 
      tujuan untuk kesenangan.
4.6 Melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang      
      tepat sebagai bentuk ungkapan diri
Indikator
3.6.1 Mengidentifikasi ciri-ciri puisi yang berkaitan dengan akhir baris pada bait  dengan benar
4.6.1. Menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi secara terperinci
IPA
Kompetensi Dasar
3.2.   Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan upaya pelestariannya.
4.2. Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya dan slogan upaya pelestariannya
Indikator
3.2.1. Menyimpulkan daur hidup makhluk hidup yang berbeda dengan tepat
4.2.1. Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar.
SBdP
Kompetensi Dasar
1.2.Mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada
4.2.Menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada
Indikator
3.2.1. Mengidentifikasi tanda tempo dan tinggi rendah nada dengan benar
4.2.1. Menyanyikan lagu dengan tempo yang berbeda dengan tepat

C. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui kegiatan mengamati dua buah lagu yang berbeda,siswa mampu mengidentifikasi tanda tempo dan tinggi rendah nada dengan benar.
2. Melalui kegiatan mengamati dua buah lagu yang berbeda,siswa mampu bernyanyi dengan tempo yang berbeda dengan tepat.
3. Melalui kegiatan mengamati sebuah puisi,siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri puisi yang berkaitan dengan akhir baris pada bait dengan benar.
4. Melalui kegiatan mengamati daur hidup kupu-kupu dan belalang,siswa mampu membuat kesimpulan tentang daur hidup makhluk hidup yang berbeda dengan tepat.


E. Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran
1. Pendekatan pembelajaran : Pendekatan saintifik (Mengamati, Menanya, Mencoba, dan Mengkomunikasikan)
2. Metode Pembelajaran : Tanya jawab, Diskusi, Penugasan
F. Media, Alat Bantu, dan Sumber Belajar
Buku Teks, gambar metamorfosis, teks lagu, teks puisi dan pantun, lingkungan sekitar.

Selengkapnya bisa klik download

0 comments