Rpp IPA Kelas 4 Semester 2

RPP IPA Kelas 4 Semester 2 Energi dan Perubahannya - Gudang Makalah


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [RPP]
Nama Sekolah  : SDN Simokerto IV Surabaya
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IV/2
Topik/Tema         : Energi dan Perubahannya
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 x pertemuan)

Standar Kompetensi:
2. Menghafal rukun iman

Kompetensi Dasar:
2.1 Menunjukan kekuasaan Allah SWT melaui ciptaanNya

Indikator:
1. Menunjukan adanya Allah melalui ciptaanNya dan alam sekitarnya
2. Menunjukan contoh prilaku yang baik terhadap ciptaan Allah

A. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati demonstrasi meja yang didorong dan ditarik dan bola yang dilempar ke atas secara berulang-ulang, serta mengamati gambar pada LKS 01A tentang suatu kegiatan di sekolah, siswa akan dapat membuat daftar berbagai gerak suatu benda;
2. Melalui penyajian informasi tentang gaya dapat mengubah gerak benda dan contohnya dalam presentasi power point, dan siswa menghubungkannya dengan membaca ide-ide penting pada buku siswa, siswa akan dapat menjelaskan pengertian gaya, macam-macam, dan satuannya;
3. Melalui kegiatan melakukan percobaan mendorong dan menarik suatu benda yang dapat mengubah gerak benda tersebut, siswa akan dapat menemukan bahwa gaya yang dapat berupa dorongan atau tarikan dan mengklasifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi berbagai gerak benda tersebut;
4. Melalui kegiatan presentasi, mengikuti, dan mereview presentasi temannya, siswa dapat menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif dengan bimbingan guru;
5. Dengan diberikan tugas yang terkait dengan penerapan gaya mengubah gerak benda dalam kehidupan sehari-hari, siswa akan dapat menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan menyimpulkan bahwa gaya dapat mengubah gerak benda.

B. Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
        Model  Pembelajaran Langsung (Pert. 2)
3. Metode Kelompok Berpasangan, Pengamatan, 
  Percobaan, Prsentasi, dan Tanya jawab.

Rpp IPA Kelas 4 Semester 2
Untuk file lengkapnya bisa klik 

0 comments