Atribut Hizbul Wathan

Mengenal Atribut Hizbul Wathan - Gudang Makalah


Atribut menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah tanda kelengkapan (berupa baret, lencana, dan sebagainya) yang menjadi ciri khas. Atribut Kepanduan Hizbul Wathan adalah tanda-tanda yang dikenakan pada pakaian seragam Pandu yang dapat menunjukkan diri seorang Pandu yang meliputi satuan, kemampuan, tanggung jawab, daerah asal, tugas, kecakapannya serta penghargaan yang dimilikinya.

Atribut adalah berupa tanda-tanda (baik berupa tutup kepala, maupun berbagai macam lambang yang dikenakan pada suatu seragam), sedangkan Seragam adalah pakaian yang dikenakan oleh suatu satuan yang corak, bentuk dan warnanya seragam / sama.

Seragam Pandu Hizbul Wathan terdiri dari kemeja berwarna kheki tua dan celana panjang dengan warna biru tua. Warna kheki tua pada kemeja bermakna tanah sedangkan warna biru tua pada celana / bawahan bermakna air, sehingga seorang Pandu HW diharapkan mampu menjaga tanah airnya untuk selalu subur dengan berbagai atribut yang menandakan kemampuan, kecakapan / keterampilan serta penghargaan yang dimilikinya.

Seragam Hw putra
Contoh seragam hw putra
Seragam Hw putri

Seragam hw muhammadiyah

Celana Putra dan Putri

Fungsi Seragam Pandu HW
1. Untuk menumbuhkan jiwa kesatuan dan kekeluargaan antar anggota HW
2. Menanamkan rasa disiplin
3. Menanamkan harga diri, melatih kerapian, kesederhanaan, keindahan dan kesopanan.

Atribut Umum
Yaitu tanda yang dipakai secara umum oleh semua anggota yang telah dilantik, seperti tutup kepala, duk (kacu atau setangan leher), tanda pelantikan (berupa simbol HW berwarna hijau untuk golongan Penghela (SMK, MA sederajat)) di pasang tengah saku kiri




Yaitu tanda yang dapat menunjukkan satuan / kwartir tertentu, tempat seorang anggota  Pandu bergabung. Dari satuan terkecil di Qabilah (Sekolah) hingga tingkat pusat.




Yaitu tanda yang menunjukkan jabatan dan tanggungjawab seorang anggota Pandu HW dalam kesatuannya

Yaitu tanda yang menunjukkan kecakapan, keterampilan yang dimiliki oleh seorang anggota Pandu HW. Atribut ini terbagi 2 (dua) yaitu Tanda Kenaikan Tingkat untuk anggota kepanduan HW yang telah menyelesaikan Syarat Kenaikan Tingkat dan Tanda Kecakapan Pandu untuk anggota kepanduan HW yang telah memenuhi Syarat Kecakapan Pandu.

Gambar Tanda Kenaikan Tingkat untuk Pandu Penghela Di pasang di bahu kiri dan kanan.

Yaitu tanda yang menunjukkan jasa, penghargaan serta kegiatan yang pernah diikuti oleh seorang anggota kepanduan HW. 



Baca Juga:



1. Alat pendidikan untuk memberi dorongan, gairah dan semangat agar mereka berusaha meningkatkan kemampuan, karya dan kehormatannya.
2. Alat untuk mengenal Pandu, satuan, tingkat kecakapan, jabatan, tempat dan wilayahnya.
3. Tanda pengakuan dan pengesahan atas keanggotaan, tingkat kecakapan serta pemberian tanggungjawab atas jabatan di embannya.
4. Tanda penghargaan kepada seseorang atas prestasi yang bersangkutan agar selalu menjaga dan memelihara nama baik pribadi dan organisasinya.
5. Tanda / atribut tidak  berfungsi sebagai tanda pangkat yang menunjukkan perbedaan martaba seseorang dan bukan sebagai hiasan.

0 comments