Makalah Pendidikan Sepanjang Hayat

Pendidikan Sepanjang Hayat pdf

Bentuk pendidikan sepanjang hayat - 1.1 Latar belakang pendidikan sepanjang hayat. Pendidikan adalah suatu proses untuk menuju kedewasaan, dan untuk mewujudkan pendidikan yang optimal diperlukan berbagai jenis pendidikan, tidak hanya terfokus pada pendidikan formal saja. Melainkan juga diperlukan pendidikan informal dan nonformal. Karena sejatinya pendidikan itu merupakan suatu proses yang komplek karena semuanya merupakan satu kesatuan. 

Pendidikan bagi kehidupan umat manusia merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat. Tanpa pendidikan sama sekali mustahil suatu kelompok manusia dapat hidup berkembang sejalan dengan cita – cita untuk maju, sejahtera dan bahagia menurut konsep pandangan hidup mereka. Dalam GBHN dinyatakan bahwa “ Pendidikan berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan dalam lingkungan rumah tangga, sekolah, dan masyarakat. Karena itu, pendidikan ialah tanggung jawab bersama antar keluarga, masyarakat, dan pemerintah”.

Hal ini berarti bahwa setiap manusia diharapkan supaya selalu berkembang sepanjang hidup, dan dilain pihak masyarakat dan pemerintah diharapkan agar dapat menciptakan situasi yang menantang untuk belajar. Prinsip ini berarti, masa sekolah bukan satu – satunya masa bagi setiap orang untuk belajar, melainkan hanya sebagian dari waktu belajar yang akan berlangsung seumur hidup.

1.2 Rumusan Masalah

Konsep pendidikan sepanjang hayat
Makalah lengkapnya silahkan klik download makalah pendidikan sepanjang hayat word

0 comments