Makalah Kemajuan dan Pembaharuan Islam

Makalah Pembaharuan dalam Islam pdf  - Cerpen45.id


1.1 Latar Belakang Kemajuan dan Pembaharuan Islam 
Islam sejak kelahirannya pada awal abad ke-7 di Mekkah, Islam terus mengalami perkembangan yang pesat melewati berbagai tantangan yang sangat berat, sampai akhirnya tersebar ke seluruh dunia. Seperti yang kita ketahui setelah tumbangnya kepemimpinan masa khulafaurrasyidin maka berganti pula sistem pemerintahan Islam pada masa itu menjadi masa daulah, dan dalam makalah ini akan disajikan sedikit tentang Masa Kemajuan daulah Abbasiyah dan daulah Umayyah. Adapun terpuruknya nilai – nilai pendidikan dilator belakangi oleh kondisi internal Islam yang tidak lagi menganggap ilmu pengetahuan umum sebagai satu kesatuan ilmu yang harus diperhatikan. Selanjutnya ilmu pengetahuan lebih banyak diadopsi bahkan dimanfaatkan secara komprehensif oleh barat yang pada masa lalu tidak pernah mengenal ilmu pengetahuan.

Sejarah Pembaharuan Islam

Secara garis besar ada beberapa faktor yang mendorong terjadinya proses pembaharuan Islam. Pertama faktor internal, yaitu kebutuhan pragmatis umat Islam yang sangat memerlukan satu sistem yang betul – betul bisa dijadikan rujukan dalam rangka mencetak manusia – manusia muslim yang berkualiatas, bertaqwa, dan beriman kepada Alloh. Kedua faktor eksternal adanya kontak Islam dengan barat juga merupakan faktor terpenting yang bisa kita lihat. Adanya kontak ini paling tidak menggugah dan membawa perubahan pragmatic umat Islam untuk belajar secara terus menerus kepada barat, sehingga ketertinggalan selama ini dirasakan akan bisa terminimalisir.

1.2 Rumusan Masalah


Materi selengkapnya bisa didownload di sini
Download Makalah Kemajuan dan Pembaharuan Islam

Unduh Juga Lainnya:
Download Slide Presentasi Suhu dan Pengukuran PPT
Buku Paket Fisiologi Hewan SMK Kelas 10 .PDF Free
Buku Paket Mapel Konversi Energi 2 SMK Kelas X .PDF

Semoga Makalah Tentang "Kemajuan dan Pembaharuan Islam" Yang admin Cerpen45.id ini bermanfaat jangan lupa like dan share ya kawan!

0 comments